Jumat, 22 April 2011

Sesaat Sebelum Saya Menjadi Mahasiswa

Hari ini, saudara saya sedang dalam perjalanan ke Surabaya dengan keperluan mengikuti tes beasiswa untuk biaya kuliah besok pagi. Jadi ingat beberapa tahun yang lalu nih saat saya juga sedang berjuang untuk mencari tempat kuliah.

Empat tahun lalu (tahun 2007), sebelum saya menjadi mahasiswa ITS, saya sempat main-main dulu ke ITS. Waktu itu sih saya ke ITS dalam rangka ikut lomba NLC (National Logic Competition) yang diadakan oleh Jurusan Teknik Informatika ITS. Sebenernya sih sebelumnya saya belum pernah tau NLC itu lomba seperti apa karena memang di sekolah saya sangat jarang sekali ada informasi-informasi yang berkaitan dengan acara-acara yang diadakan oleh perguruan tinggi. Namun, kebetulan waktu itu teman saya, Yanur pergi ke Surabaya. Kalau ga salah dia mengantarkan ayahnya gitu. Nah, ketika dia ke Surabaya itu dia dapet informasi tentang adanya lomba NLC. Pas udah balik ke Lumajang, Yanur cerita ke saya dan mengajak saya untuk ikut lomba NLC. Saya sih oke-oke saja diajak. Nah, karena dalam lomba ini satu tim harus terdiri dari tiga orang maka kami mencari satu orang lagi untuk melengkapi tim. Setelah berunding, akhirnya kami memutuskan untuk mengajak Habib menjadi pelengkap anggota tim kami. Dan Habib pun setuju.

Menjelang beberapa hari keberangkatan ke Surabaya, ternyata ada teman saya yang lain yang juga hendak ke Surabaya dalam rangka mencari tempat kos untuk mengikuti bimbel (bimbingan belajar) dengan keperluan mengikuti SPMB. Sebenernya sih yang mencari tempat bimbel adalah teman saya Willy dan Yota namun karena ternyata Willy sudah ketrima PMDK di Unej jadinya dia hanya ikut mengantar Yota mencari kos sekalian membatalkan pendaftaran bimbel ke tempat bimbel. Karena sama-sama punya tujuan ke Surabaya, akhirnya kami memutuskan untuk berangkat bersama-sama. Salah satu teman SMP saya yang juga sepupu Yanur, Rosid juga ikut ke Surabaya waktu itu. Tapi saya lupa dalam rangka apa Rosid ikut waktu itu.

-----------------------------------------------------

Kami berangkat dari Lumajang pada siang hari. Namun karena waktu itu di daerah Porong (lokasi bencana Lumpur Lapindo) sedang macet akhirnya kami nyampe di Surabaya-nya malam hari. Setelah sampai di terminal Bratang, kami sempat "terlantar" karena belum mendapat kepastian malam itu kami bisa numpang tidur dimana. Sebelumnya sih direncanakan kami menginap di kos-kosan temannya saudaranya Yanur yang ada di Surabaya namun waktu itu entah nunggu sms atau gimana akhirnya kami sempat menunggu sebentar di Terminal Bratang. Namun setelah di sms akhirnya kami naik angkot menuju ke daerah Keputih, tempat kami akan menginap.

Waktu itu kami turun di Pasar Keputih, dan sesaat setelah kami turun, kami bertemu dengan Mas Dimas, temannya saudaranya Yanur. Oleh mas Dimas, kami diantarkan ke kosnya (atau kos temennya ya? saya lupa), tempat kami akan menginap. Tempatnya agak sempit sih, tapi lumayanlah daripada tidak ada tempat untuk tidur malam itu. Akhirnya di dalam kamar kos yang sekitar 2x3 meter itu kami berbagi tempat. Seperti inilah suasana kami tidur waktu itu.



Alm. Willy, Habib, Yota, Halim, Rosid

Besoknya, saya, Yanur, dan Habib pergi ke Convention Hall untuk mengikuti lomba NLC. Sedangkan Willy dan Rosid pergi menemani Yota mencari kos untuk tempat Bimbel. Meskipun sebenernya waktu itu kami belum mengenal Surabaya, tapi ya nekat saja lah sambil mengandalkan keberanian tanya sana tanya sini. Soalnya ya mau gimana lagi kalau ga begitu. hehe...

Dalam lomba NLC, alhamdulillah kami hanya mendapatkan pengalaman saja. Ya maklumlah, banyak anak yang jauh lebih pinter waktu itu. hehehe..


Habib, Halim, Yanur

Usai lomba, saya, Yanur, dan Habib memutuskan untuk main ke ITS karena ingin tahu sebernya ITS itu seperti apa sih. Apalagi waktu itu saya ingin masuk di Jurusan Teknik Industri ITS dan Yanur juga ingin masuk ITS. Setelah tanya sana tanya sini, sampailah kami bertiga di ITS. Pertama kali melihat ITS sih saya pribadi bangga. (Maklum, belum pernah main ke kampus sebelumnya, hehee..). Namun setelah muter sana muter sini, saya tidak menemukan dimana kampus Teknik Industri yang saya cari waktu itu. Dan karena waktu itu sedang hujan, jadinya kami hanya menghabiskan waktu untuk berfoto-foto saja. Tapi baru beberapa kali foto, ternyata batere kameranya Yanur Habis. Ya sudah deh kami balik ke tempat kos tumpangan kami. hehe..

Pada hari kedua ini, kami kembali menginap di tempat mas Dimas. Nah, malam harinya, sebagai anak-anak "kampung" yang pergi ke kota, tentunya kami ingin sejenak mampir ke salah satu mall di Surabaya. hehe.. Dari informasi yang kami terima waktu itu, mall yang paling dekat dengan daerah Keputih adalah Galaxy Mall. Akhirnya kami ke sana dengan naik angkot.

Di GM (Galaxy Mall) kami menghabiskan waktu dengan berkeliling-keliling ga jelas. Mau beli sesuatu disana ternyata harganya mahal-mahal jadinya kami cuma mampir ke McD aja waktu itu. Usai makan, kami langsung balik ke tempat tumpangan menginap. Dan besok paginya, kami kembali pulang ke Lumajang.. hehe..

Beberapa waktu setelah itu, kami melakukan beberapa tahapan ujian hingga akhirnya kami kuliah di beberapa tempoat sesuai dengan pilihan masing-masing. Alhamdulillah saya sendiri bisa masuk di Jurusan Teknik Industri ITS yang memang merupakan jurusan yang saya inginkan waktu itu. :D . Semoga saudara saya ini nantinya diberikan kelancaran oleh Allah sehingga bisa mencapai segala yang diinginkan terutama dalam melewati setiap tahapan untuk kuliah nantinya ini. Amin.. :)














Tidak ada komentar: