Minggu, 23 Juni 2013

Car Free Day di Cempaka Mas

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor adalah suatu bentuk program yang mengosongkan jalan raya dari lalu lalang kendaraan bermotor. Itu menurut definisi saya sendiri. Artinya, dalam kurun waktu tertentu, jalanan yang biasanya dilalui kendaraan bermotor menjadi kosong dari kendaraan bermotor. Dengan kata lain, hanya kendaraan tanpa mesin yang bisa lewat. Misalnya sepeda kayuh. Sehingga di jalan yang biasanya dipenuhi asap dan suara bising kendaraan bermotor menjadi sepi dan terasa segar udaranya. Moment seperti ini biasanya dimanfaatka oleh orang untuk berolahraga di jalanan.

Semenjak saya tinggal di Jakarta, Car Free Day (CFD) yang paling terkenal adalah di jalan protokol Jakarta yaitu di Jalan Sudirman -Thamrin. Di sini sangat ramai oleh orang berolahraga disaat minggu pagi. Terutama di daerah Bundaran HI-nya. Tidak hanya banyak orang berolahraga, namun banyak jug pedaganv yang menjajakan jualannya. Sehingga hal tersebut menambah serunya suasana CFD.

Namun, ternyata CFD tidak hanya berlaku di Jalan Sudirman - Thamrin saja. Di dekat kos saya,  Jalan Soeprapto di daerah Cempaka Mas ternyata juga diberlakukan CFD setiap hari minggu. Kalo nggak salah mulai pukul 6 pagi hingga pukul 10 pagi. Sama seperti di daerah Sudirman - Thamrin, moment ini digunakan warga untuk berolahraga.  Kadang digunakan untuk senam juga oleh ibu-ibu. Bedanya disini lebih sepi dan tidak terlihat pedagang yang menjual barangnya di pinggir-pinggir jalan. Yap, apapun itu semoga Car Free Day bisa membuat polusi udara di Jakarta berkurang sehingga lingkungan menjadi sehat dan warganya bisa mempunyai tempat umum untuk berolahraga dengan nyaman.

Tidak ada komentar: