Senin, 17 Juni 2013

Liburan di Taman Mini Indonesia Indah

Beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ini adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Jakarta. Tapi baru kali ini saya mengunjunginya khusus untuk liburan karena sebelumnya saya juga pernah kesini namun untuk menghadiri acara kantor. TMII terletak di daerah Jakarta Timur. Waktu itu saya dan 2 teman saya kesana dengan menggunakan Transjakarta. Dari lokasi masing-masing saya dan teman saya janjian ketemu di Halte Cawang untuk transit. Selanjutnya kami naik busway lagi jurusan Pinang Ranti dan turun di Halte Garuda TMII. Karena jarak halte ini ke pintu masuk cukup jauh, maka saya dan teman saya lanjut naik angkot warna merah, lupa nomor kode angkotnya, untuk menuju pintu masuk TMII. Begitu sampai di pintu masuk, kami membeli tiket masuk yang saat itu tarifnya Rp. 9000 per orang.

Tempat pertama yang kami tujj waktu itu adalah tempat naik gondola, karena memang kami berniat untuk naik gondola untuk menikmati pemandangan TMII dari atas. Namun, karena waktu itu hari libur, jadinya antrian untuk naik gondola begitu panjang dan akhirnya kami tidak jadi naik gondola. 

Dari tempat gondola, kami menuju ke Museum Indonesia. Sebelum masuk, kami harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000 per orang. Di dalam museum, kami bisa melihat-lihat berbagai prototype kebudayaan indonesia seperti busana, alat kesenian, yang dikemas berupa patung dan sejenisnya. 

Setelah puas di museum, kami mulai berkeliling ke anjungan atau miniatur rumah dari berbagai daerah di Indonesia.  Untuk masuk ke masing-masing anjungan ini,  kita digratiskan.  Tidak semua anjungan kita kunjungi karena cukup melelahkan jalan kaki berkeliling antar anjungan.  Anjungan yang kami kunjungi waktu itu antara lain anjungan Bali,  Jawa Timur,  Jogjakarta,  Sulawesi,  dan beberapa tempat lain. Di masing-masing anjungan kita bisa mendapatkan suasana seperti kita sedang mengunjungi daerah sebenarnya.
TMII
Selain mengelilingi anjungan,  kami juga mengunjungi Keong Mas.  Awalnya penasaran sebenarnya ini tempat apa.  Setelah mengunjungi,  saya baru tahu bahwa ternyata di dalam bangunan Keong Mas ini adalah bioskop 3 dimensi. Akhirnya kami masuk untuk menonton salah satu film, tentunya dengan membeli tiket terlebih dahulu. Saya lupa berapa harga tiketnya, kalo nggak salah sekitar 20 ribu per orang.

TMII
Setelah dari Keong Mas, karena waktu sudah sore saya dan teman saya berniat pulang. Karena setelah dari TMII kami sudah berencana untuk pergi ke Kramat Jati untuk membeli duren karena banyak sekali orang yang jualan duren di pinggir jalan raya Kramat Jati.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

oiii ni aku budi hahahaha