Sabtu, 29 Juni 2013

Tiket Mudik Lebaran 2013 Saya

Beberapa bulan menjelang lebaran seperti saat ini adalah masa yang tepat bagi perantau seperti saya untuk berburu tiket mudik lebaran. Kenapa? Tentu saja supaya tidak kehabisan tiket dan menghindari harga tiket yang melambung tinggi ketika semakin mendekati lebaran. Mulai dari harga pesawat dari semua maskapai dan kereta api, rajin saya cek harga dan ketersediannnya. Untung jaman sekarang sudah cukup mudah. Mengecek harga maupun ketersediaan tiket sudah bisa dilakukan melalui internet. Sehingga kita bisa mengecek dimanapun dan kapanpun.

Lebaran tahun lalu saya mudik dengan menggunakan pesawat. Waktu itu harga tiket yang harus saya bayar dari Jakarta ke Surabaya adalah sekitar 1,5 juta untuk pulang pergi. Harga standar untuk masa-masa lebaran. Oleh karena itu untuk lebaran tahun ini saya juga memprioritaskan untuk naik pesawat lagi. Alasannya adalah karena kecepatan waktunya. Untuk harga, tak jauh beda dengan kereta api eksekutif. Namun untuk tahun ini, ternyata harganya sudah berbeda. Rata-rata tiket pesawat untuk rute Jakarta-Surabaya untuk lebaran tahun ini sudah cukup mahal yaitu sekitar satu jutaan. Hmm, hal ini tentu membuat saya berpikir untuj menggunakan transportasi lain yaitu kereta api. Untuk bus, sejauh ini saya masih tidak ingin karena membayangkan lamanya perjalanan dari Jakarta ke Surabaya nya. 

Untuk kereta api, kita mulai bisa memesan pada H-90, atau 3 bulan sebelum keberangkatan. Melalui web, pemesanan mulai bisa dilakukan pada pukul 12 malam. Beberapa waktu lalu, saya mencoba untuk stanby di depan laptop untuk mulai hunting tiket untuk keberangkatan tanggal 2 Agustus nanti. Saya kira, kita bisa dengan mudah untuk mendapatkan tiket pada jam 12 malam ketika pemesanan baru saja dibuka.Ternyata diluar dugaan saya.Berburu tiket jam 12 malam pun harus rebutan. Susah sekali. Proses pemesanan sering eror karena terlalu banyak user yang online. Dalam waktu kurang dari dua jam, tiket kerta sudah banyak yang sold out. Dan saya waktu itu cuma kebagian satu tiket saja, yaitu untuk balik ke Jakartanya dengan harga enam ratus ribu. Yasudahlah, tinggal tiket ke Surabayanya yang harus saya cari.

Untuk mencari tiket pulang tersebut, hampir setiap hari saya cek harga tiket pesawat, siapa tahu ada promo. Ternyata sampai akhirnya saya menemukan 2 tiket kereta yang tersedia, harga tiket pesawat masih tetap sama yaitu sekitar satu jutaan. Akhirnya, karena hal ini sangat jarang, langsung saja saya booking tiket kereta yang hanya tinggal 2 kursi tersebut dan akhirnya saya berhasil! Untung saya cepat booking dan internet saya waktu itu lancar. Karena selang satu menit kemudian tiketnya sudah sold out lagi. Dan ternyata itu keberuntungan saya, karena ternyata waktu itu ada tiket tambahan dari KAI. Dengan demikian, tiket lebaran untuk pulang pergi Jakarta - Surabaya sudah ditangan. Tinggal menunggu tradisi tahunan, mudiiiik.:D

Tidak ada komentar: