Senin, 17 Juni 2013

Tips Agar Terhindar Dari Kecopetan di Metromini

Berdasarkan postingan saya sebelumnya yaitu Kehilangan HP di Metromoni, kali ini saya mau menulis tentang tips agar terhindar dari kecopetan di metromini atau di angkot, tentunya berdasarkan pengalaman yang saya alami. Langsung saja, berikut adalah tips-tips dari saya.

1. Tidak Menyimpan HP di Saku Celana
Ada beberapa teman saya yang pernah kehilangan HP di angkutan umum karena HP nya disimpan di dalam saku celananya. Biasanya pencopet mudah mengetahui bahwa di saku celana seseorang ada HP nya atau tidak. Sehingga ketika ada pencopet yang mengalihkan konsentrasi kita ketika di angkutan umum misalnya dengan cara menyenggol kita, pencopet tersebut akan mudah mencuri HP dari saku celana kita. Lebih baik HP kita ditaruh di saku depan, kemudian ditutup jaket atau tas ransel sehingga bisa mempersulit tangan jahil pencopet untuk mencurinya dari saku kita.

2. Tidak Menggunakan HP di Angkutan Umum.
Biasanya sebelum mencopet, pencopet akan mengamati dimana kita menyimpan HP kita. Tentunya akan semakin mudah bagi pencopet untuk mendeteksi dimana kita menyimpan HP kita setelah dia melihat bahwa kita menggunakan HP. Tentunya hal ini akan memberikan semacam kesempatan bagi pencopet untuk menjalankan aksinya. Apabila kita terlalu perlu untuk menggunakan HP, mending kita menggunakan HP yang paling murah dari yang kita punya (kebanyakan saat ini orang menggunakan lebih dari satu HP) agar tidak terlalu mengundang pencopet untuk melancarkan aksinya. 

3. Hati-Hati Ketika Mau Turun dari Angkutan Umum Atau Ketik Ada Orang Turun.
Sesuai pengalaman, saya pernah dicopet ketika mau turun dari angkutan umum. Dan saya baru tahu bahwa orang yang mencopet HP saya adalah orang yang berdiri dekat pintu angkot, dan seolah mempersulit saya untuk turun. Orang seperti ini harus diwaspadai. Padahal secara tampang, orangnya biasa saja. Tidak ada ciri-ciri orang jahat. Hal ini bukan berarti bahwa kita harus selalu under estimate kepada setiap orang yang berdiri di dekat pintu keluar, hanya perlu berhati-hati saja. Demikian halnya ketika ada orang yang mau turun dari angkot. Kita harus berhati-hati misalnya ketika ada orang yang entah sengaja atau tidak menyenggol kita. Kita harus segera mengecek barang kita misal HP. 

4. Usahakan Tidak Tidur atau Melamun Selama di Angkutan Umum.
Biasanya kondisi ketika kita tertidur atau melamun, membuat kewaspadaan kita berkurang sehingga bisa memunculkan kemungkinan barang kita dicopet. 

Itulah sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat. :-)

Tidak ada komentar: