Rabu, 16 Desember 2009

Decision Making..

Buset, setelah menghitung total pengeluaran bulanan untuk bulan ini, ternyata total pengeluaran saya cukup besar. Baru tanggal 12, pengeluaran saya sudah mencapai Rp. 673.400,- ( -jauh lebih besar dari bulan sebelumnya karena ada biaya tambahan untuk beli Mp3 Player, Speaker, Biaya Tugas Besar,  dll- ). Padahal minggu-minggu menjelang UAS ntar, biaya pengeluaran ekstra saya akan terus bertambah. Misalnya untuk fotocopy bahan-bahan ujian, ngprint tugas-tugas, dll. Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut saya harus melakukan penghematan yang ekstra ketat nih. Hehe...

 

Tapi, situasi yang ada saat ini sepertinya kurang kooperatif  bagi saya untuk menerapkan program penghematan ini. T.T.  Tadi malam, waktu rapat mingguan di Eureka, ada konsekuensi buruk yang harus saya terima. Sebagai bentuk ”sanksi” atas pelanggaran yang saya lakukan ( -tidak menyelesaikan berita OSTN 2009-, red), saya harus memilih salah satu diantara 2 macam sanksi. Denda Rp. 50 ribu atau OFF selama 3 bulan !  L

 

Jujur untuk saat ini, 2 pilihan tersebut sama-sama berat bagi saya. Denda 50ribu bisa membuat planning keseimbangan cashflow bulanan saya melenceng. OFF selama 3 bulan, membuat saya harus rela untuk melewatkan beberapa ( atau mungkin banyak ) kesempatan untuk menambah pengalaman2 baru. Tapi bagaimana pun juga, saya dikondisikan harus tetap memilih salah satu diantara 2 pilihan tersebut. Untuk itu, saya harus membuat beberapa pertimbangan seperti berikut, agar keputusan yang saya ambil benar-benar keputusan yang tepat. 

 

No

pertimbangan OFF

Konsekuensi

Pertimbangan bayar 50.000

Konsekuensi

1

21 desember - 31 desember waktunya UAS jadi selama 3 minggu ke depan buat ngerjain tugas2 ato persiapan uas sehingga ga akan ngliput, dll cz takut ga sempat ngerjain lagi.

tidak liput berita dan tidak nambah stok “koleksi”. Hahaa..

pengen nambah ''koleksi"

Nambah pengeluaran ekstra bulan ini. Padahal pengeluaran ekstra Bulan ini telah mencapai Rp. 330.000. Untuk beberapa keperluan Ekstra yang memang dibutuhkan, uang tugas2, dll.

2

Januari Libur selama sebulan jadi pasti sebulan itu diprioritaskan pulang ke Lumajang. Ga ngeliput, dll.

missing some new experiences.

Free Net Connection

50.000 = makan > 3hari = pulsa 1 bulan = 1/4 uang kos = Semakin meningkatkan probabilitas ga jadi beli sepatu. (T.T)

3

Tanggal 22 Februari Studi Excursie ke Jakarta. Kayaknya satu minggu bolos kuliah jadi minggu berikutnya harus ngejar ketinggalan materi + tugas2.

No free internet for a while

kemungkinan bisa dapat makan2 enak yang gratis. Hee.. J

Target Penghematan untuk mengantisipasi uang ekstra untuk ngprint / fotocopy bahan-bahan UAS jadi Gagal!

4

Lebih baik Rp.50.000 dipake buat bantu bayar SE bulan ini sebesar Rp. 500ribu. Lumayan, Bantu 10 %.

 

 

 

5

Free Internet bisa pake Laptop n akses wi-fi di UPT Bahasa. ;D

 

 

 

6

Sepertinya Event2 besar selama 3 bulan ke depan ga terlalu banyak. Wisuda pun baru Maret, jadi masih bisa ikut ntar n bisa makan gratis plus semoga bisa nambah ”koleksi” lagi. Hehe...

 

 

 

















           



   




 Yupz, dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, ternyata saya harus memilih OFF selama 3 bulan karena pertimbangannya lebih banyak. Sebenarnya, sebelumnya saya juga prefer ke pilihan ini karena emang saya lagi pelit-pelitnya keluar uang. Hehe.. Tapi yakin gak ya???... Ga tau deh, liat-liat sikon dan dipikir-pikir lagi aja. Tapi yang jelas untuk saat ini, pilihannya ya itu. Tapi ga tau ntar berubah apa gak. ( Loh, saya kok jadi plin-plan gini,, au ah gelap!) Hehehe....

1 komentar:

Nadia mengatakan...

Really? Off 3 bulan? Aku jg udh lama off...
Kuliah lg padet2nya