Senin, 11 Oktober 2010

PiDi ( Program Director )

Pada wisuda 101 lalu untuk pertama kalinya saya mencoba menjadi program director dalam acara live wisuda Eureka TV ITS. Hal ini cukup membuat saya mengerti tentang apa sebenarnya fungsi program director ( PD ) dalam sebuah acara. Menurut saya, sesuai dengan namanya, program director yang bila diartikan dalam bahasa indonesia menjadi Pengarah Acara, bertugas untuk mengarahkan para kru dalam sebuah program/acara. Kalo di acara live wisuda ITS kemaren, menurut saya fungsi seorang PD adalah mengarahkan para kru secara keseluruhan khususnya para kameramen.


Foto live wisuda di graha ITS

Menjadi PD memang gampang-gampang susah. Gampangnya, tinggal nyuruh-nyuruh aja. Namun susahnya, seorang PD harus bisa menghasilkan sebuah bentuk tayangan yang bagus dari berbagai aspeknya misalnya dari sisi artistik, momentum, serta kesesuaian dengan aturan pengambilan gambar. Selain itu PD memang harus benar-benar bisa "mengarahkan" para kameramen untuk bisa menghasilkan gambar yang sesuai. Oleh karena itu, disini saya bisa belajar tentang bagaimana caranya untuk bisa mengkoordinasi personel lain dengan baik. Disaat para kameramen dituntut untuk bekerja cepat karena pergantian gam bar yang cukup cepat, PD harus konsentrasi penuh mengarahkan para kameramen tersebut untuk mengambil gambar sesuai dengan yang seharusnya. Dalam kondisi ini biasanya konsentrasi kameramen agak kurang karena posisinya yang berpindah-pindah untuk mengambil gambar, oleh karena itu menurut saya PD harus bisa membuat kameramen tetap konsentrasi dan mengarahkan harus mengambil gambar apa. Jangan sampai dalam mengarahkan justru membuat kameramen menjadi tidak konsentrasi bisalnya dengan nada bingung, suara tidak jelas, dll.


Tidak ada komentar: