Selasa, 11 Juni 2013

Hal-Hal yang Tidak Enak dalam Kehidupan Kos

Sesuai judulnya, kali ini saya akan menulis tentang hal-hal yang nggak enak dari pengalaman saya ngekos selama beberapa tahun ini. Hal-hal nggak enak tersebut tentunya dari sudut pandang saya. Setiap orang bisa berbeda. Oke, berikut hal-hal yang nggak enak dalam kehidupan kos menurut saya.

1. Ketika ada penghuni kos yang suka memutar musik dengan suara yang keras.
Ya, hal ini sangat menyebalkan menurut saya. Seperti yang saya alami di kos saya saat ini. Di kos saya, ada salah satu penghuni yang hobinya memutar musik dengan keras. Parahnya, jenis musik yang sering diputar adalah musik dangdut dan musik pop jadul. Sangat mengganggu sekali. Harusnya kalo suka mendengarkan musik tertentu, pakai headset saja biar tidak mengganggu penghuni lain.

2. Ketika ada penghuni yang tidak menjaga kebersihan kamar mandi umum.
Kos saya adalah kos yang tidak menyediakan fasilitas kamar mandi dalam sehingga kamar mandi yang ada digunakan bersama. Kamar mandi selalu dibersihkan oleh pemilik kos. Namun, terkadang ada saja penghuni yang tidak menjaga kebersihan. Misalnya membuang puntung rokok di dalam lubang WC, dll. Tentunya hal ini membuat penghuni lain merasa tidak nyaman. Apalagi apabila di kamar mandi masih tercium aroma asap rokok. :|

3. Ketika keamanan kos sudah tidak stabil.
Maksud saya, ketika ada tindakan kriminal seperti pencurian, dll. Tentunya hal ini membuat kita sebagai penghuni kos merasa was-was. Seperti waktu kuliah, di kos saya pernah terjadi pencurian laptop. Hal itu tentunya membuat penghuninya merasa tidak aman.

4. Ketika kosan dijadikan tempat kumpul yang sangat ramai.
Maksud saya, misalnya ada salah seorang penghuni yang kamar kosnya dijadikan sebagai semacam basecamp untuk teman-temannya yang jumlahnya cukup banyak. Misalnya lebih dari 5 orang. Apabila kumpul-kumpul mereka tidak bisa menghormati penghuni lain dengan kata lain suka menghasilkan suara gaduh maka hal ini akan membuat penghuni kos lain terganggu. Kecuali apabila masih bisa mengontrol tidak membuat gaduh, maka hal itu biasa saja.

5. Ketika kita jadi satu-satunya penghuni di kosan.
Misalnya saat liburan, atau saat weekend dan kebanyakan para penghuninya pulang kampung. Akan menjadi hal yang tidak mengenakan ketika hanya tersisa kita sendiri di kosan. Sepi. Hehe..

Itulah sedikit hal mengenai hal-hal yang nggak enak dalam kehidupan kosan menurut pandangan saya. Semoga kita selalu dapat memilih kosan yang nyaman. :D

Tidak ada komentar: