Sabtu, 23 April 2011

Harus Segera Meng-cover

Beberapa bulan terakhir ini manajemen keuangan pribadi saya benar-benar buruk. Hampir setiap bulan jatah bulanan saya selalu kurang. Entah apa saja yang menjadi penyebabnya. Namun salah satu penyebab yang bisa saya raba adalah karena semenjak saya pindah tempat kos ke perumahan dosen, pengeluaran biaya makan saya menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Maklumlah di perumdos jarang yang jual makanan murah. Mau keluar ke keputih untuk mencari makanan yang lebih murah, biasanya saya malas keluar. Jadinya hampir setiap malam yang saya makan adalah nasi goreng atau mie goreng yang biasanya lewat di depan kos. Terkadang seandainya saya keluar ke keputih untuk mencari makan pun, pasti selalu ada biaya tambahan untuk beli minuman karena saya biasanya malas membungkus makanan untuk dimakan di kos. Kondisi ini tentunya berbeda dengan ketika saya masih nge-kos di Gebang dulu. Di Gebang cari makanan apapun mudah, yang murah juga banyak. Mau keluar cari makan tinggal jalan kaki langsung bisa. Jadi saya sering mencari makanan yang murah saja. Biasalah, makan pokok mahasiswa ITS, yaitu tempe penyet. hahahaha...

Nah, yang menambah masalah lagi ketika kondisi pengeluaran saya menjadi lebih banyak, saya tidak bisa meng-cover kondisi tersebut dengan mencari "tambahan" melalui project-project yang biasanya ada di Eureka. Maklum lah, kondisi mahasiswa semester akhir yang waktu itu saya sedang bingung mencari topik untuk tugas akhir saya memaksa saya untuk konsen pada persiapan tugas akhir saya sehingga saya tidak bisa membantu mengerjakan beberapa project yang ada. Jadinya kesempatan untuk mendapatkan "tambahan" pun menjadi hilang. :(

Kondisi seperti ini sebenarnta merupakan zona yang tidak nyaman bagi saya karena sering minta uang tambahan ke ortu. Padahal sebenarnya dengan usia saya sekarang, saya sungkan meminta uang lagi ke ortu. Namun bagaimana lagi, kondisi menuntut demikian. :(

Usai seminar proposal tugas akhir saya, kesibukan saya sudah mulai berkurang. Kuliah udah ga ada, mau mulai mengerjakan tugas akhir saya masih terkendala di data yang belum saya dapatkan dari perusahaan. Ya sudah deh, saya mencoba membantu (dan sebenarnnya mencari juga) beberapa project yang ada untuk mencari "secuil tambahan" bagi pemasukan saya guna meng-cover beberapa kebutuhan yang harus saya penuhi. Ini saja saya masih menabung untuk membayar hutang-hutang saya. Hutang ngilangin helm, hutang nemu uang tapi uangnya kepake, hutang pulsa, belum lagi pengeluaran yang harus saya siapkan untuk mendaftar tes toefl. Waduh hutangdan pengeluaran saya kok banyak ya. :(

Tidak ada komentar: